Selasa, 08 April 2008

Jembrana Event

Makepung

Mekepung adalah sebuah kompetisi, yang menggunakan kerbau sebagai penarik kendaraan yang disebut dengan cikar. Kerbau tersebut dihiasi dengan hiasan kepala yang sangat menarik dengan warna keemasan. Panjang lintasan yang dilalui sekitar 4 Km. Lomba mekepung ini adalah lomba bergrup, dimana peserta terbagi atas Grup Barat dan Grup Timur. Sebagai pembatas antara group Barat dan Timur adalah sebuah sungai yang melintang ditengah - tengah kota Negara yang bernama Sungai Ijo Gading. Dalam lomba mekepung ini tidak ada juara perorangan hanya juara beregu.

Lomba Mekepung yang dilaksanakan sebagai even tetap yang selalu diadakan setiap tahun yaitu :

* Gubernur Cup
* Bupati Cup.

Lomba Mekepung Bupati Cup biasanya diadaka di sirkuit mekepung Pantai Dlod Berawah. Dalam pelaksanaan lomba ini selalu diiringi dengan musik Jegog dan tari Mekepung yang dibawakan oleh remaja putri Jembrana.


Lomba Dayung Sampan

Ditengah tengah kota Negara mengalir sebuah sungai yang bernama sungai Ijo Gading aliran sungai ini menuju ke Pantai Perancak. Setiap tahun pada bulan Agustus di sungai ini selalu diadakan lomba sampan dayung tradisional.

Start dilaksanakan di hilir sungai yaitu di Pantai desa Perancak dan finish di jembatan Ijo Gading. Pelaksanaan Lomba Dayung Sampan ini biasanya dikaitkan dengan peringtan Hari Ulang Tahun RI dan HUT kota Negara. Atraksi ini merupakan tontonan yang sangat menarik untuk wisatwan terutama pada saat start dan Finish.




Tidak ada komentar: